Powered By Blogger

Kamis, 07 April 2011

KEGIATAN PERINGATAN HARI JADI KE IV

SISPALA “CARE” SMAN 2 KETAPANG

A. Umum

Pada saat ini kegiatan ekstrakulikuler pencinta alam semakin banyak diminati oleh para remaja Indonesia, hal yang mendorong diminatinya kegiatan ini adalah timbulnya keinginan untuk mencari jati diri dengan cara mendekatkan diri kepada alam dan bagaimana cara kita melestarikan alam serta bagaimana sikap kita menyinkapi masalah yang akhir-ahir terjadi pada kondisi alam kita. Hal ini mendorong para siswa untuk dapat memanfaatkan watu luangnya untuk hal-hal yang berdampak positif bagi dirinya dan masyarakat.

Dari keinginan –keinginan tersebut dapat menimbulakan kecintaan diri terhadap alam kita yang pada akhirnya dapat menumbuhkan semangat untuk melindungi alam yang saat ini sangat memprihatinkan keadaanya, supaya kita bisa membuat hutan kita menjadi hutan yang subur sebagai sahabat kita dan agar para siswa dapat dengn bijak memahami kondisi alam saat ini .

Walaupun kecil artinya bila dipandang dengan apa yang telah dilakukan para pencinta alam sekarang. Namun, itu sangat berarti bagi kehidupan kita dimasa yang akan datang. Dari pada kita melakukan kegiatan yang bersifat negatif dan tidak mempunyai tujuan yang jelas maka saat inilah banyak para pencinta alam yang mendidikasikan dirinya untuk alam agar alam bisa jadi sahabat dan teman yang baik .

Selain hal-hal diatas organisasi pencinta alam seediri juga turut mensukseskan program pemerintah dalam masalah lingkungan hidup yang sekarang menjadi perhatian di seluruh dunia. Semoga dengan adanya organisasi pencinta alam ini dapat mensukseskan hal tersebut sesuai dengan tujuan yang ada.

Dalam keterkaitan dengan hal mensukseskan program tersebut dan realisasi program SISPALA “CARE” SMAN 2 Ketapang maka kami akan mengadakan kegiatan memperingati hari jadi SISPALA “CARE” yang ke-IV dan sekaligus akan melakukan ekspedisi. Adapun TEMA dari kegiatan tersebut adala:

“ LESTARIKAN ALAM DAN PEDULI SESAMA “

B. Dasar

1. Realisasi program kerja SISPALA “CARE” SMAN 2 Ketapang angkatan IV tahun 2010/2011.

2. Menciptakan siswa-siswi yang taguh dalam menjalanan sebuah organisasi

3. Menciptakan lingkungan yang asri

4. Keingina untu membantu sesama yang membutuhkan.

5. Keinginan untuk mengenal alam secara mendalam dan cara melestarikannya.

6. Melindungi dan menjaga alam.

7. Menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap alam.

C. Maksud dan Tujuan

1. Menyalurkan hobi dan bakat dari siswa-siswi kearah yang positif.

2. Membantu sesama

3. Melaukan penghijauan dilingungan sekolah .

4. Meningkatkan kedisiplinan dan kerja sama yang baik antar anggota SISPALA “CARE” SMAN 2 Ketapang.

5. Mempererat tali persaudaraan sesama siswa dan pencinta alam

D. Waktu dan Tempat

1. Waktu

Kegiatan hari jadi dilaksanakan pada :

12 April 2011 (upacara), 12 April 2010 (Penanaman pohon ), 9 April 2011 (donor darah), 23-24 April ( perlombaan panjat tebing)

(jadwal terlampir), Sehabis HUT ( Ekspedisi SISPALA )

2. Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan di lingkungan sekolah yaitu SMAN 2 Ketapang dan di gor panjat tebing FPTI di jalan payak kumang ( KOL.SUGIONO) dan Ekspedisi di lakukan di daerah SUKADANA.

E. Bentuk dan Kegiatan

1. Upacara peringatan hari jadi

Upacara peringatan hari jadi ini akan dilaksanakan di lingkungan sekolah pada hari senin , 12 april 2010. Pada upacara ini akan dilaksanakan pemotongan tumpeng dan acara ramah tamah dengan seluruh angoota SISPALA “CARE” beserta alumni SISPALA “CARE”, para tamu undangan yang terdiri dari para sispala dari sekolah lain, para warga sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. dan penanaman pohon dilingkungan sekolah.

2. Penanaman Pohon

Penanaman pohon ini diselenggarakan supaya kita bisa membuat lingkungan kita semakin asri dan bisa membuat udara semakin segar. Penanaman pohon ini akan dilaksanakan di lingkungan sekolah bersamaan dengan upacara hari jadi, pada hari senin, 12 april 2011.

3. Donor Darah

Dalam acara donor darah ini kami akan bekerja sama dengan PMI. Rencananya kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan di SMAN 2 Ketapang pada 9 April 2011.

4. Perlombaan Panjat Tebing

Pada perlombaan panjat tebing ini kami bekerjasama dengan FPTI. Tujuan nya untuk membuat para remaja-remaja sekarang agar lebih dapat menggunakan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat. Dan juga untuk menyalurkan bakat yang di miliki oleh remaja sekarang. Adapun rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 April 2011 insya allah dilaksanakan di GOR Tentemak atau di SMA NEGERI 2 Ketapang.

5. Ekspedisi

Ekspedisi ini akan dilakukan di daerah SUKADANA. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar SISPALA “ CARE “ dan lebih mendekatkan diri kepada alam dan berguna untuk belajar bagaimana menjaga dan melestarikan alam. Rencana kegiatan tersebut akan dilaksakan sehabis HUT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar